Each option is the responsibility, then whether these responsibilities can be carried out with the right way ... it also is an option ...

Aplikasi E-Bisnis

1.     Enterprise Resource Planning (ERP)
ERP merupakan backbone dari E-Business atau sistem operasi bisnis ekuivalen seperti sistem operasi Windows untuk operasi back-office.
ERP merupakan CFES yang melayani sebagai sebuah kerangka untuk mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus dikerjakan dalam fungsi manufaktur, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan sumberdaya manusia dari sebuah bisnis.
Enterprise Resource Planning (ERP), secara utuh mengintegrasikan proses-proses yang berkaitan dengan aktivitas “manufaktur” produk atau jasa, dan aktivitas-aktivitas pendukung lainnya (seperti permasalahan keuangan, administrasi, dan sumber daya manusia) mulai dari pengadaan bahan baku sampai dengan distribusinya ke tangan pelanggan. Berdasarkan kebutuhan berbagai sumber daya yang didefinisikan pada proses-proses terkait dengan ERP, perusahaan kemudian harus menyusun strategi pasokan bahan-bahan mentah produksi.
2.     Customer Relationship Management (CRM)
CRM merupakan aplikasi Cross-functional E-Business yang mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses pelayanan pelanggan dalam penjualan, pemasaran langsung, account and order management, dukungan dan pelayanan pelanggan.
Customer Relationship Management (CRM), mengajarkan kiat dan strategi untuk membangun dan menjalin hubungan yang efektif antara perusahaan dengan pelanggannya agar tercapai apa yang kerap diistilahkan sebagai customer satisfaction(kepuasan pelanggan), customer loyalty(loyalitas pelanggan), dan customer retention.
Termasuk di dalam proses CRM adalah:
*       Proses penanganan keluhan pelanggan;
*       Proses penanganan pesanan pelanggan;
*       Proses penanganan permintaan informasi dari pelanggan;
*       Proses pengelolaan data dan informasi seputar pelanggan;
*       Proses pengelolaan kebutuhan pelanggan;
*       Proses analisa karakteristik dan perilaku pelanggan.
TAHAPAN CRM
*             ACQUIRE (mendapatkan pelanggan baru), Tahap ini berorientasikan pasar dengan tujuan meraih pelanggan baru melalui kemudahan pengaksesan informasi dan pelayanan yang menarik.
*           RETAIN (mempertahankan pelanggan)\, Tahap ini berusaha mempertahankan shareholder yang dimiliki (pelanggan) dengan menciptakan value perusahaan di mata pelanggan dan berusaha meraih loyalitasnya.
*             EXTEND (memperluas pelanggan), Tahap ini memanfaatkan inovasi teknologi informasi untuk dapat memperluas pelanggan.
TUJUAN CRM (Menurut Kalakota dan Robinson, 2001):
*             Menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.
*             Menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan
*             Mendukung proses penjualan berulang kepada pelanggan.
3.      Interprise Application Integration (EAI)
EAI perangkat lunak yang menjadikan ketersediaan interkoneksi beberapa kluster aplikasi E-Business
 4.    Supply Chain Management (SCM)
Supply Chain : Jaringan proses bisnis dan interrelasi di antara bisnis –bisnis yang dibutuhkan untuk membangun, menjual, dan menyerahkan sebuah produk pada pelanggan akhirnya.
SCM adalah pengintegrasian praktek manajemen dan teknologi informasi untuk mengoptimalkan aliran informasi dan produk di antara proses-proses dan partner bisnis dalam sebuah supply chain.
Supply Chain Management (SCM), merupakan antarmuka (interface) yang menghubungkan perusahaan dengan mitra bisnisnya (terutama para pemasok). Jika CRM cenderung menerapkan aplikasi bisnis e-commerce bertipe B-to-C, maka pada SCM aplikasi bisnis yang kerap dipergunakan adalah yang bertipe B-to-B.
Pencapaian sasaran SCM memungkinkan perusahaan mencapai tujuan nilai pelanggan dan E-Business-nya
5.     Transaction Processing System (TPS)
TPS adalah sistem informasi lintas fungsional yang memproses data hasil dari transaksi bisnis yang terjadi.
Siklus TPS
1.       Pemasukan data
2.       Pengolahan data
3.       Pemeliharaan database
4.       Hasil laporan dan dokumen
5.       Aktivitas pengolahan inquiry.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.